Laman

Speleoliti Bag. 3

Peta gua dan Surface Grid dengan tampilan Tiga Dimensi.

Convert ASTER GDEM ke Surface Grid dengan Global Mapper


Setelah membuat beberapa peta gua pada lokasi yang berdekatan, siapkan 3D Surface Grid dengan cara mengconvert Peta ASTER GDEM ke format ini dengan menggunakan program Global Mapper yang tahapannya sebagai berikut :

1. Jalankan Global Mapper dan buka File ASTER GDEM


2. Pilih ASTER GDEM dengan kode sesuai daerah yang diinginkan dan klik open



3. Perhatikan Projection ASTER GDEM samakan dengan Projection koordinat Peta gua. Dengan cara klik configuration – Projection – karena peta gua menggunakan UTM maka rubah projection ke UTM, Zone disesuaikan dengan wilayah lokasi, kebetulan lokasi ini berada pada Zone -51 S, Datum WGS 84 dan Unit Meter, lalu klik Apply / ok



4. Lakukan pembesaran gambar pada lokasi gua




5. Klik File – Export Raster and Elevation data - Eksport Surfer Grid (Binari v6 atau v7 format)


6. Pilih Export Bounds lalu klik Draw a Box


7. Drag bagian yang diinginkan lalu Klik OK


8. Save ke folder yang sudah dipersiapkan.


9. kita sudah memiliki Surface grid yang siap di overlay dengan peta gua .


Bersambung ke Bag. 4
Peta gua dan Surface Grid dengan tampilan Tiga Dimensi
Overlay Peta Gua dan Surface Grid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar